Pengabdian Kepada Masyarakat: Prodi ESY Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Kendari Didik Calon Wira Usaha Muda di Desa Tridana Mulya

Kendari, FEBI – Program Studi Ekonomi Syariah (ESY) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari telah melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang menginspirasi di Desa Tridana Mulya pada 10 September 2023. Kegiatan ini bertujuan untuk memberdayakan masyarakat setempat dan mengajarkan mereka cara mengubah limbah industri menjadi bahan olahan bernilai ekonomi.

Dalam sambutan yang luar biasa, Wakil Dekan I FEBI IAIN Kendari, Abdul Wahid Mongkito, S.Si., M.Ei, menyatakan, “Tugas kampus memiliki tiga pilar penting: pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Kampus, dan dalam hal ini Prodi ESY, memiliki tanggung jawab dalam mengembangkan ekonomi melalui pendekatan akademik.”

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini mengusung tema besar, yaitu “Pemanfaatan Limbah Industri Menjadi Bahan Olahan Bernilai Ekonomi.” Sasarannya adalah untuk memicu semangat berwirausaha di kalangan masyarakat Desa Tridana Mulya dengan memanfaatkan sumber daya yang sering dianggap limbah, seperti ampas tebu.

Kepala Sekolah Mts Tridana Mulya, Bapak Ainur Rofik, S.Pdi., M.Pd, menyampaikan, “Program pengabdian masyarakat di Mts Tridana Mulya sangat relevan dengan pengembangan sumber daya manusia dan siswa di Desa Tridana Mulya. Tanaman tebu yang dimiliki oleh masyarakat sekarang bisa menjadi potensi ekonomi yang lebih besar, berkat bahan baku yang melimpah di desa ini.”

Selama kegiatan berlangsung, masyarakat dan pelajar tampak sangat antusias belajar bagaimana cara mengolah ampas tebu menjadi kripik tebu yang siap dijual atau dikonsumsi. Ini adalah langkah nyata dalam mengajarkan masyarakat bagaimana mengubah limbah menjadi peluang usaha berkelanjutan.

Kegiatan ini adalah contoh konkret tentang bagaimana perguruan tinggi, bekerja sama dengan mahasiswa, dapat berperan aktif dalam mengembangkan ekonomi lokal dan memberdayakan masyarakat melalui pendekatan pendidikan dan pengabdian kepada masyarakat.(Zil)

CATEGORIES:

Uncategorized

Tags:

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Comments

No comments to show.