Membentuk Generasi Pemimpin Siap Bekerja Melalui Workshop Bimbingan Karir di FEBI IAIN Kendari

Kendari – Menjadi lulusan terbaik dengan gelar di tangan saja tidak cukup di era persaingan kerja yang semakin ketat. Untuk itu, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) di IAIN Kendari mengadakan sebuah workshop bimbingan karir selama dua hari pada 20 dan 21 Agustus 2022. Acara bertujuan membekali para mahasiswa agar siap menghadapi dunia kerja melalui sesi praktis yang dipandu oleh para narasumber dari berbagai latar belakang seperti akademisi, alumni sukses, dan praktisi di bidangnya.

Mengusung tema “Membentuk Generasi Pemimpin Siap Bekerja”, workshop ini diharapkan dapat memberikan peluang yang lebih besar bagi para lulusan di pasar kerja, membantu mereka mempersiapkan diri untuk persaingan kerja yang ketat melalui sesi praktis. Acara ini juga bertujuan untuk menciptakan jaringan alumni yang kuat dan solid serta memberikan panduan kepada lulusan dalam menyelesaikan masalah praktis setelah lulus. Workshop ini diharapkan bisa membantu mahasiswa memahami integrasi teori yang dipelajari di kelas dengan situasi dunia kerja yang sesungguhnya.

Berbagai topik dibahas dalam workshop ini, termasuk cara menulis resume yang menarik, memahami potensi diri dalam hubungannya dengan peluang karir di masa depan, menulis surat lamaran kerja, serta teknik wawancara yang efektif.

Workshop ini memberikan manfaat bagi alumni, mahasiswa, dan institut. Dipandu oleh dua pembicara ahli, yaitu Muhrajan Piara, seorang dosen dari Universitas Negeri Makassar, dan Zulaeni Esita, seorang psikolog praktisi dari Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Selatan, para pembicara membahas berbagai topik, termasuk penilaian potensi diri, penilaian psikologis, menulis surat lamaran kerja, mendesain kepribadian yang sesuai dengan pasar kerja, serta tes psikologis. Selain itu, Zulaeni Esita juga memberikan wawasan tentang wawancara kerja, pengalaman alumni, pengalaman manajer, dan evaluasi diri.

Workshop ini secara resmi dibuka oleh Dekan FEBI, diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia dan doa. Acara ini diakhiri dengan sambutan penutup dari Dekan FEBI.

Sebagai institusi pendidikan, IAIN Kendari menunjukkan dedikasinya dalam mempersiapkan mahasiswa agar siap berkompetisi di dunia kerja yang semakin ketat melalui workshop bimbingan karir ini. Semoga kegiatan ini dapat terus dilakukan dan menjadi motivasi bagi institusi pendidikan lainnya untuk mengembangkan program serupa. (Alw-G)

CATEGORIES:

Uncategorized

Tags:

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Comments

No comments to show.