Jurnal Li-Falah FEBI Mampu Tembus Scopus

Kendari, Humas FEBI–Beberapa waktu yang lalu, FEBI IAIN Kendari mengadakan Workshop Review dan Editing Jurnal dengan Tema “Meningkatkan Kualitas SDM Perguruan Tinggi dalam Hal Peer Review Artikel dan Pengelolaan Jurnal Bereputasi”. Kegiatan yang diadakan di Hotel Plaza Inn Kendari ini resmi dibuka secara langsung oleh Wakil Rektor I IAIN Kendari, Dr. Husain Insawan, M.Ag.

Dalam sambutannya, Wakil Rektor I IAIN Kendari mengharapkan agar kegiatan ini  dapat meningkatkan Jurnal Li-Falah FEBI sampai ke jurnal bereputasi internasional.

“Semoga setelah kegiatan ini, Jurnal Li-Falah akan meningkat akreditasinya sampai ke internasional” harap Beliau

Harapan ini tentunya tidak akan menjadi isapan jempol semata. Terbukti, setelah ditelaah oleh reviever jurnal yang menjadi pemateri dalam kegiatan ini, Budianto Hamuddin, M.Hum., Jurnal Li-Falah FEBI dinilai mampu dan layak untuk ditingkatkan ke jurnal bereputasi internasional Scopus. Hal ini dilihat dari banyak item-item yang telah dipenuhi oleh Li-Falah untuk menembus Scopus.

“Jurnal Li-Falah ini sudah sangat layak untuk ke Scopus, hanya dukungan kerja sama dan kebijakan dari pimpinan saja yang diperlukan untuk mempercepatnya” kata Beliau.

Selain dukungan kebijakan dari pimpinan, ada bebrapa hal kecil yang harus dipenuhi uleh Jurnal Li-Falah untuk bisa mencapai Scopus, yakni author dari luar negeri yang mengirim artikel masih kurang. Hal lain juga yang harus dipenuhi yaitu adanya kutipan dari artikel-artikel yang terindeks Scopus. Hal ini bisa segera dipenuhi mengingat dalam kegiatan yang sudah diselenggarakan telah diberikan materi tentang trik menarik author dari luar negeri dengan cepat dan menyarankan agar dosen yang menulis di jurnal terindeks Scopus untuk mengutip di jurnal Li-Falah.

Jika hal tersebut sudah dipenuhi, tidak menutup kemungkinan Jurnal Li-Falah FEBI akan segera terindeks Scopus. Oleh karena itu, dibutuhkan kerja sama berbagai pihak dan juga dukungan dari pimpinan untuk segera mewujudkannya. Untuk diketahui bahwa saat ini Jurnal Li-Falah telah mencapai akreditasi Sinta 4. Akreditasi ini tentunya akan terus ditingkatkan sampai ke jurnal internasional. Tim Jurnal Li-Falah akan terus bekerja sama dan bekerja keras untuk mewujudkan hal ini. (Jaf)

CATEGORIES:

Uncategorized

Tags:

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Comments

No comments to show.