Mahasiswa FEBI Ikuti Student Mobility Program di Asia Tenggara

Kuala Lumpur-FEBI, Azzahrah Insawan Putri, mahasiswa program studi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) IAIN Kendari mengikuti Student Mobility Program di Singapura, Malaysia dan Thailand selama 10 hari (21-30, November 2022).

Kegiatan yang diinisiasi oleh Kantor Hubungan Internasional (KUI) IAIN Kendari tersebut berhasil memberangkatkan tujuh orang mahasiswa dari puluhan pendaftar tersebar dari beberapa fakultas di IAIN Kendari.

Sebelum berangkat mengikuti Mobility Program, panitia melakukan seleksi yang cukup ketat. Calon peserta diharuskan mengirimkan portofolio dan esay untuk diseleksi minat bakat dan konten yang mereka tuliskan.

Peserta yang lolos dan memenuhi kriteria kemudian melakukan presentasi tentang pengetahuan budaya dan penggalian minat serta bakat. Setelah melakukan serangkaian proses seleksi, Azzahrah Insawan Putri ditetapkan mewakili FEBI untuk mengikuti program tersebut.

Dalam kegiatan Mobility Program, peserta diberi kesempatan untuk mengunjungi beberapa kampus dari tiga negara, Singapura, Malaysia dan Thailand. Dalam setiap kunjungan mereka mengenalkan budaya dan menampilkan pertunjukan seni, seperti story telling, nyanyian dan tarian khas dari beberapa daerah di Sulawesi Tenggara.

Selain melaksanakan kegiatan pengenalan budaya, peserta Student Mobility Program juga melakukan berbagai macam aktifitas akademik. Mereka mempresentasikan beberapa judul artikel ilmiah, hasil penelitian yang mereka susun dihadapan mahasiswa S2 & S3 (Post Graduate) di Universitas Kebangsaan Malaysia dan beberapa universitas lain di Malaysia dan Thailand.

Anita Risky selaku direktur KUI mengatakan tujuan dilaksanakannya Mobility Program ini untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa merasakan atmosfir lingkungan pendidikan di Luar Negeri.

“Merasakan langsung pengalaman berinteraksi dengan sivitas akademika dari luar negeri akan menambah kepercayaan diri mahasiswa dan menjadi bekal yang sangat baik ketika nanti telah menyelesaikan program sarjana di IAIN Kendari,” kata Anita Risky

Selain memberikan kesempatan kepada mahasiswa, kegiatan Mobility Program merupakan pengejawantahan visi misi IAIN Kendari, dimana tujuan utamanya adalah membentuk ekosistem kerjasama akademik dan budaya dengan berbagai Universitas di Luar Negeri melalui program PPL Internasional, double degree, pertukaran dosen, pertukaran mahasiswa dan program-program relevan lainnya.

“Ini baru awal, KUI memiliki visi jangka panjang, melalui penandatangan MoU dan Lol dengan kampus kampus ternama di Asia Tenggara ini, harapannya nanti akan melahirkan program-program nyata demi peningkatan kualitas SDM IAIN Kendari di masa depan,” kata direktur KUI.

Mobility Program tersebut berhasil melakukan beberapa kerjasama, seperti penandatangan MoU dengan Kuala Lumpur Metorpolitan University College (KLMUC), Letter if Intent (Loi) dengan Universiti Kebangsaaan Malaysia dan Univeristas Pendidikan SUltan Idris (UPSI), juga dengan Yala Rajabhat University di Thailand. (Alw)

CATEGORIES:

Uncategorized

Tags:

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Comments

No comments to show.