Tingkatkan Kualitas SDM dalam Pengelolaan Jurnal, FEBI Adakan Workshop

Kendari, Humas FEBI–Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) IAIN Kendari terus berupaya untuk selalu meningkatkan kualitas sumber daya manusianya. Peningkatan sumber daya ini salah satunya dalam hal pengelolaan jurnal ilmiah. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan reputasi jurnal yang ada di fakultas tersebut, di mana saat ini FEBI memiliki dua jurnal ilmiah yakni Li-Falah dan Robust. Tujuan lain juga yang tidak kalah penting yaitu agar sumber daya manusia yang ada di FEBI menjadi terampil dalam menulis dan melakukan publikasi di jurnal bereputasi.

Mewujudkan hal tersebut, Jumat- Minggu (12-14 Agustus 2022) FEBI IAIN Kendari mengadakan Workshop Review dan Editing Jurnal dengan Tema “Meningkatkan Kualitas SDM Perguruan Tinggi dalam Hal Peer Review Artikel dan Pengelolaan Jurnal Bereputasi”. Setelah kata pengantar dari Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Kendari, Dr. H. Rusdin Muhalling, M.E.I., kegiatan yang diadakan di Hotel Plaza Inn Kendari ini resmi dibuka secara langsung oleh Wakil Rektor I IAIN Kendari, Dr. Husain Insawan, M.Ag. Dalam sambutannya, Wakil Rektor I IAIN Kendari mengharapkan agar semua peserta mengikuti kegiatan ini dengan sungguh-sungguh mengingat kegiatan ini akan sangat bermanfaat untuk pengembangan institut juga. Selain itu, kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan jurnal-jurnal ilmiah di IAIN Kendari utamanya jurnal di FEBI agar sampai ke jurnal bereputasi internasional.

“Kegiatan ini tidak hanya untuk SDM yang ada di fakultas, tetapi juga akan berdampak pada pengembangan institut terutama dalam agenda Akreditasi dan Digitalisasi” kata Beliau.

“Semoga setelah kegiatan ini, Jurnal Li-Falah akan meningkat akreditasinya sampai ke internasional” harap Beliau

Dalam kegiatan ini, FEBI mengundang pemateri yang sangat ahli dalam bidangnya. Pemateri pertama merupakan Wakil Dekan I Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Kendari, Dr. Hj. Ummi Kalsum, M.Ag., yang membahas Kebijakan Penulisan Artikel Ilmiah sebagai Akselerasi Peningkatan Kualitas SDM, Akreditasi, dan Sitasi Civitas Akademika di FEBI IAIN Kendari.

Pemateri kedua merupakan Staf Teknis Kantor Bahasa Provinsi Sulawesi Tenggara, Sukmawati, S,Pd., M.Hum. Beliau juga merupakan Editor Jurnal Kandai Kantor Bahasa Sultra, yang membahas Sistematika dan Struktur Bahasa dalam Penulisan Artikel melalui Navigasi Gaya Selingkung pada Jurnal Tujuan Publikasi. Selain itu, beliau juga membahas tentang Analisis dan Evaluasi Kesalahan Penggunaan Leksis dan Diksi dalam Susunan Struktur Sintaksis Penulisan Artikel.

Pemateri ketiga merupakan Dosen Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Lancang Kuning, Riau, Budianto Hamuddin, M.Hum. Beliau juga merupakan Editor tiga jurnal bereputasi internasional yang ada di institusinya, membahas tentang Pengenalan Navigasi OJS 2,0 dan 3,0; Bisnis Proses Penerbitan Jurnal Ilmiah Berkala Berbasis OJS; Kohesi dan Koherensi Penulisan Artikel Berdasarkan Peninjauan Evaluasi Kesalahan Umum Penulis melalui Perspektif Leksikogramatika dan Analisis Kesalahan dalam Penulisan Teks; Konteks Prestise Sitasi dan Publikasi Artikel sebagai Indikator Kualitas Sivitas Akademika dalam Domain Kampus; Dosen Sebagai Editor dan Reviewer Mahasiswa Menjadi Format Artikel Ilmiah Layak Terbit pada Jurnal Terakreditasi Nasional maupun Jurnal Bereputasi; Alur Pengelolaan Artikel oleh Editor hingga Reviewer Mulai dari Artikel Masuk sampai Artikel Terbit.

Semua materi yang disampaikan narasumber sangat bermanfaat untuk pemingkatan kualitas SDM dalam hal pengelolaan maupun penulisan jurnal. Kegiatan berlangsung dengan suasana yang sangat antusias dari seluruh peserta.

Selain dari internal IAIN Kendari, kegiatan ini dikuti oleh berbagai peserta dari perguruan tinggi lain yang ada di Sulawesi Tenggara, yakni Universitas Muhamadiyah Kendari dan Universitas Nahdlatul Ulama Sulawesi Tenggara.

Kegiatan ditutup sercara resmi oleh Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Kendari. Dalam sambutan penutupan, Dekan mengucapkan terima kasih kepada narusmber yang telah membagikan ilmunya, dan juga kepada peserta yang telah antusias mengikuti seluruh rangkaian kegiatan. “Semoga kegiatan ini membawa berkah untuk kita semua dan menjadi ilmu yang bermanfaat” tutup Beliau. (Jaf)

CATEGORIES:

Uncategorized

Tags:

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Comments

No comments to show.