REKTOR IAIN KENDARI LAUNCHING APLIKASI PENGAJUAN PENCAIRAN ANGGARAN (JUARA) ONLINE

Kendari, FEBI – Bertempat di Aula Mini Perpustakaan IAIN Kendari, Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari, Prof. Dr. Faizah Binti Awad, M.Pd., resmi meluncurkan Aplikasi Pengajuan Pencairan (Juara) Online. Acara yang berlangsung pada Kamis (23/9/2021) ini dihadiri oleh para pihak Pimpinan Internal IAIN Kendari.

Aplikasi pengajuan pencarian anggaran berbasis digital ini digagas oleh Subkoordinator Bidang Administrasi Umum dan Keuangan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Kendari, Rosdiana, SE., ME. Aplikasi Juara Online ini merupakan aksi perubahan yang diajukan pada Pelatihan Kepemimpinan Pengawas (PKP) Angkatan I Tahun 2021 yang diselenggarakan oleh Balai Diklat Keagamaan Makassar.

Rosdiana, selaku reformer mengungkapkan bahwa Aplikasi Juara Online ini bertujuan untuk menciptakan layanan keuangan yang terintegrasi agar lebih efektif dan efisien.

“Aplikasi Juara Online ini didesain dengan tujuan memudahkan proses pencairan karena menghasilkan output dokumen yang lengkap hanya dengan satu kali penginputan data,” jelasnya.

Lebih lanjut, Rosdiana mengatakan dengan Aplikasi Juara Online yang digagasnya ini, seluruh pengajuan pencairan akan terarsip secara digital, sehingga memudahkan tim audit internal dan eksternal untuk mengakses dokumen pencairan. Selain itu juga, dengan aplikasi ini, dalam pengajuan pencairan anggaran kegiatan, tidak perlu lagi berulang-ulang membuat laporan yang serupa, cukup memasukan satu data induk sehingga laporan lain yang serupa akan tercipta secara otomatis.

“Inovasi baru yang terdapat diaplikasi ini yaitu pembuatan format Daftar Pembayaran, kwitansi pencairan, rekap pencairan, SPTJB pencairan, permohonan pemeriksaan berkas, surat setoran pajak, surat penerbitan SPM, dan SPTJB yang terhubung langsung dengan realisasi anggaran. Semua format ini akan tercipta secaraa otomtis berbasis teknologi informasi yang terhubung dengan data induk dan tidak perlu membuat satu per satu”, lanjut Beliau saat ditanyai setelah peluncuran aplikasi ini..

Rektor IAIN Kendari mengapresiasi hadirnya Aplikasi Juara Online ini sebagai sebuah inovasi dalam meningkatkan komitmen mutu layanan keuangan.

“Alhamdulillah, patut kita syukuri bahwa Aplikasi Juara Online ini menunjukkan bahwa sivitas akademika IAIN Kendari mampu beradaptasi di era digital. Inovasi komitmen mutu layanan berbasis teknologi harus terus kita tingkatkan demi terciptanya digitalization campus (kampus digital),” harapnya.

Untuk optimalisasi penggunaan aplikasi berbasis web ini, reformer telah melakukan sosialisasi dan menyusun e-book panduan Penggunaan Aplikasi Juara Online. Sebelum penerapan aplikasi ini, reformer akan mengikuti ujian dan evaluasi aksi perubahan yang dijadwalkan pada 6 Oktober 2021. Rencananya, aplikasi ini akan diterapkan pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Jika diperlukan, reformer akan mengajukan permohonan kepada rektor untuk pemberlakuan aplikasi pada satker IAIN Kendari.

CATEGORIES:

Uncategorized

Tags:

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Comments

No comments to show.