Rapat Akademik: Evaluasi Semester Ganjil T.A 2020/2021 dan Rencana Perkuliahan Semester Genap T.A 2020/2021

Kendari-FEBI–Perencanaan dan evaluasi sangat penting untuk proses perkembangan semua organiasasi dan kelembagaan. Evaluasi sangat penting untuk melihat sejauh mana suatu program atau kegiatan tertentu dapat mencapai tujuan yang telah ditentukan. Begitupun dengan perencanaan, yang merupakan proses terpenting dari semua fungsi manajemen. Tanpa perencanaan fungsi-fungsi lain; pengorganisasian, pengarahan, dan pengontrolan tak akan dapat berjalan.

Mengingat pentingnya kedua hal tersebut, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) IAIN Kendari mengadakan rapat  akademik. Rapat yang dilaksanakan pada 9 Februari 2021 tersebut membahas tentang Evaluasi Akademik Semester Ganjil T.A 2020/2021 dan Rencana Persiapan Semester Genap T.A 2020/2021. Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin fakultas di setiap akhir semester.

Rapat akademik ini dihadiri oleh para pimpinan dan staf Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam serta semua dosen yang mengampuh mata kuliah di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) IAIN Kendari. Dalam kegiatan ini juga turut hadir Wakil Rektor I, Humas, Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) IAIN Kendari.

Mengingat adanya pandemik, rapat ini dilakukan dengan online dan offline. Online dilakukan dengan media Zoom Meeting dal live Youtube. Rapat offline berlangsung di Ruang Rapat Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam dengan jumlah peserta yang terbatas dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Mengawali sambutannya, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) IAIN Kendari, Dr. Rusdin Muhalling, ME.I mengatakan bahwa semua proses akademik semester ganjil 2020/2021, mulai dari proses perkuliahan, ujian tengah dan akhir semester, serta penyetoran nilai dan monitoring perkuliahan dosen dan mahasiswa telah selesai dilaksanakan.

“Meski semester ini dijalani dalam keadaan pandemik Covid-19, tapi semua tidak mengurangi semangat staf, dosen, dan mahasiswa melaksanakan kegiatan akademik sehingga semua kegiatan yang telah direncanakan berjalan dan selesai dengan semestinya”, lanjut Beliau.

“Hal baik seperti ini harus tetap dipertahankan, kalau perlu ditingkatkan”, tambah Beliau.

Beliau juga berharap, semua kendala yang ditemukan selama semester ganjil, dapat dijadikan pelajaran untuk diperbaiki dan disempurnakan di semester genap nanti. Sebelum mengakhiri sambutannya, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam meminta arahan maupun saran kepada Wakil Rektor I untuk perbaikan dan perkembangan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam ke depannya.

Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Rektor I IAIN Kendari, Dr. Husain Insawan, M.Ag. Dalam sambutannya, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan ini mengingatkan bahwa hak dan kewajiban mahasiswa harus ditunaikan. Wakil Rektor I juga berharap kepada semua pimpinan dan dosen untuk selalu memperbaiki proses perkuliahan dan perangkat pembelajaran yang digunakan agar mahasiswa memiliki penilaian yang baik terhadap perkuliahan yang mereka lalui.

“Selain mememperbaiki proses, konten, dan perangkat pembelajaran, Saya juga berharap agar dosen juga selalu melaksanakan penelitian dan pengabdian masyarakat sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan, dinamika dan isu-isu terbaru, serta kebutuhan masyarakat”, lanjut Beliau.

Beliau juga tidak lupa mengingatkan agar selalu dilakukan dilakukan peninjauan kurikulum. Kurikulum perlu ditinjau secara berkala untuk perbaikan mutu pembelajaran yang dilakukan.

Setelah Wakil Rektor I mengakhiri sambutannya, kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan hasil evaluasi akademik semester ganjil T.A 2020/2021 dan persiapan semester genap T.A 2020/2021, oleh Wakil Dekan I Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Dr. Ummi Kalsum, M.Ag. Pemaparan ini meliputi persentase hasil proses perkuliahan, penelitian, maupun pengabdian pada masyarakat.

Rapat kemudian dilanjutkan dengan tanya jawab antara peserta dengan penyelenggara rapat. Acara Tanya jawab dirangkaian dengan penyampaian pesan dan kesan para dosen pengampuh mata kuliah, mengenai hambatan, cara perkuliahan, dan lain-lain yang ada hubungannya dengan kegiatan akademik. (Jaf)

CATEGORIES:

Uncategorized

Tags:

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Comments

No comments to show.