Ukur Tingkat Penguasaan Keilmuan Mahasiswa, FEBI Adakan Ujian Komprehensif

Kendari, FEBI-Bertempat di Laboratorium Komputer IAIN Kendari, mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) IAIN Kendari mengikuti ujian komprehensif. Ujian ini bertujuan salah satunya untuk mengukur tingkat penguasaan mahasiswa terhadap semua mata kuliah keilmuan yang sudah ditempuh selama kuliah. Seperti diketahui bahwa untuk mengikuti ujian ini, mahasiswa harus sudah lulus pada semua mata kuliah, kecuali KKN dan Skripsi.

Ujian komprehensif kali ini dilaksanakan selama dua sesi. Tiap sesi dilaksanakan selama dua hari mengingat jumlah pendaftar sangat banyak dari berbagai program studi di Fakultas ini dan mata kuliah yang diujiankan pun terdiri 8 mata kuliah keilmuan. Sesi pertama kegiatan ini diikuti sebanyak 24 mahasiswa dan dilaksanakan pada hari Kamis-Jumat (25-26 Februari 2021). Sesi kedua diikuti sebanyak 27 peserta dan dilaksanakan pada hari Senin-Selasa (1-2 Maret 2021). Ujian dimulai pada pukul 08.00-10.00 WITA. Setiap hari, ada empat mata kuliah yang diujikan, di mana setiap mata kuliah diberikan waktu 30 menit untuk menjawab 30 butir soal pilihan ganda.

Mata kuliah yang diujikan terdiri dari mata kuliah keilmuan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Kendari. Di fakultas ini terdapat dua program studi, Program Studi Ekonomi Syariah, dan Program Studi Perbankan Syariah.  Tiap program studi ada perbedaan mata kuliah yang diujikan, akan tetapi ada juga mata kuliah yang sama, yakni mata kuliah keilmuan fakultas. Mata kuliah keilmuan fakultas terdapat lima mata kuliah, yaitu Tafsir Ayat-Ayat Ekonomi, Fiqih Muamalah, Bank dan Lembaga Keuangan Syariah, Akuntansi Syariah, dan Hadis-Hadis Ekonomi. Mata kuliah keilmuan program studi masing-masing terdiri tiga mata kuliah yang diujikan, di Perbankan Syariah yaitu mata kuliah Sistem Operasional Perbankan Syariah, Ilmu Ekonomi dan Perbankan Syariah, dan Investasi dan Pasar Modal Syariah. Sedangkan di Program Studi Ekonomi Syariah yaitu Ekonomi Mikro dan Makro Islam, Manajemen Pemasaran, dan Ekonomi Moneter dan Kebanksentralan.

Ujian komprehensif mahasiswa FEBI IAIN Kendari dilaksanakan dalam bentuk Computer Bassed Test (CBT) yang telah disiapkan oleh portal resmi IAIN Kendari dan dapat diakses pada halaman Website https://cbt.iainkendari.ac.id/. Kegiatan ini dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat, di mana sebelum memasuki ruangan ujian, peserta terlebih dahulu dicek suhu tubuhnya dan wajib menggunakan wasker, jaga jarak, dan diberikan handsanitizer. Kegiatan berlangsung sangat lancar tanpa hambatan apapun dan mahasiswa sangat antusias mengikuti ujian ini. (Jfr)

CATEGORIES:

Uncategorized

Tags:

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Comments

No comments to show.