Jawab Kebutuhan Masyarakat, FEBI Laksanakan Pengabdian Masyarakat Berbasis Program Studi

Raha, FEBI–Tugas utama dosen di setiap perguruan tinggi yaitu melaksanakan tridharma, yakni pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat. Dalam rangka mendukung tugas utama tersebut, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Kendari selalu berupaya mendorong setiap program studi untuk melaksanakan tugas tridharma perguruan tinggi. Salah satu upaya yang dilakukan yaitu dengan melaksanakan pengabdian masyarakat berbasis program studi.

Sabtu (10/04/2021) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Kendari melaksanakan pengabdian masyrakat berbasis program studi di Yayasan Ibnu Abbas Muna, Kota Raha. Yayasan Ibnu Abbas Muna merupakan yayasan yang belum lama dibentuk tetapi memiliki jumlah peserta didik yang banyak. Animo masyarakat untuk mendaftarkan anaknya di yayasan ini sangat tinggi sehingga pihak yayasan juga harus menyiapkan proses pendidikan yang terbaik untuk peserta didiknya. Yayasan pendidikan Ibnu Abbas Muna menyiapkan jenjang pendidikan mulai dari TK sampai dengan madrasah aliah (MA).

Pengabdian yang dilakukan di yayasan yang terletak di Kota Raha ini disesuaikan dengan prioritas kebutuhan di lembaga pendidikan ini. Dalam sambutannya, Ketua Yayasan Ibnu Abbas Muna, Hasrullah, S.Pd.I., SH mengatakan bahwa pihak yayasan masih sangat membutuhkan pendampingan dalam hal pengelolaan yayasan.

“Sudah lama, Kami ingin melakukan pengelolaan keuangan yang terstandar, namun Kami sangat terbatas dalam hal kemampuan pengelolaan keuangan yang baik”, Kata Beliau.

“Kami juga sudah lama ingin memiliki dan mendirikan koperasi sendiri, namun lagi-lagi Kami sangat minim kemampuan dalam hal tersebut”, lanjut beliau.

“Yang lebih penting, sebentar lagi kami akan diakreditasi, Kami sangat membutuhkan pendampingan dalam akreditasi, karena kami juga tentunya sangat ingin memiliki legalitas yang sah”, harap beliau.

Menjawab kebutuhan yang menjadi prioritas utama Yayasan Ibnu Abbas Muna tersebut, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Kendari merasa sangat tepat untuk memberikan solusi terhadap permasalahan yang ada. Permasalah tersebut tentunya sangat sesuai dengan bidang program studi yang ada di fakultas ini.

Untuk menyelesaikan permasalahan yang ada, Program Studi Ekonomi Syariah melaksanakan pengabdian dengan tema “Pendampingan Pendirian dan Pengembangan Lembaga Keuangan, Koperasi dan BMT Berbasis Komunitas/Organisasi Masyarakat”. Dalam kegiatan ini, program studi memberikan pembimbingan tentang  tata cara mendirikan lembaga keuangan koperasi dan BMT. Selain itu, juga diberikan pembekalan tentang bagaimana cara mengembangkan lembaga keuangan tersebut. Untuk mebahas tema ini, pihak fakultas menugaskan ketua Program Studi Ekonomi Syariah, Abdul Wahid Mongkito, M.EI dan Muljibir Rahman, SE, M.E.Sy., untuk memberikan materi tentang tema kegiatan. Mereka adalah dosen-dosen yang sangat berkompeten di bidangnya.

Lebih dari itu, Program Studi Perbankan Syariah juga menyiapkan tema “Pendampingan Pengelolaan Lembaga dan Manajemen Keuangan Pondok Pesantren dan Sekolah Berbasis Teknologi”. Dalam kegiatan ini, pihak yayasan diberikan pembimbingan tentang pengelolaan lembaga keuangan, diperkenalkan juga aplikasi sederhana yang dapat digunakan untuk mengelola keuangan yayasan, serta diberikan arahan tentang hal-hal yang perlu dipersiapakan dalam menghadapi proses akreditasi. Untuk membahas tema ini, pihak fakultas menugaskan Dr. Suman Anselah (Dosen sekaligus asesor BAN-PAUD) dan Alwahidin, M.Sc. Mereka juga sangat berkompeten di bidangnya.

Kegiatan yang berlangsung kurang lebih 9 jam ini diikuti dengan antusias yang sangat tinggi oleh peserta dari pihak yayasan. Hal ini ditunjukkan oleh para peserta yang tidak pernah meninggalkan ruangan kegiatan selama acara berlangsung, dan juga peserta banyak meberikan pertanyaan tentang hal-hal yang belum dipahami. Pihak Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Kendari sangat senang dan kagum terhadap semangat dan antusias para peserta. Hal ini sebagai bukti bahwa mereka benar-benar sangat membutuhkan kegiatan ini.

Pihak yayasan sangat berterima kasih dengan adanya kegiatan semacam ini, dan berharap kepada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Kendari agar kegiatan yang sangat bermanfaat seperti ini terus dilakukan.

“Kami sangat berterima kasih dengan adanya kegiatan hari ini, sungguh kegiatan sperti ini sudah lama kami tunggu”, kata Ketua Yayasan Ibnu Abbas Muna.

“Semoga pihak Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Kendari masih bersedia untuk melakukan kegiatan lain di Yayasan Kami”, lanjut Beliau.

“Berakhirnya kegiatan hari ini semoga tidak mengakhiri silaturahmi Kami dengan pihak Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Kendari, Kami memohon agar pihak fakultas tetap mau meberikan arahan apabila kami masih butuhkan setelah ini”, tutup Beliau.

Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) IAIN Kendari, Dr. Rusdin Muhalling, M.EI, sebelum menutup kegiatan mengatakan bahwa pihak Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam tetap bersedia dan terbuka untuk memberikan arahan dan bimbingan mengenai kegiatan yang sudah dilakukan.

“Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Kendari selalu bersedia memberikan arahan ataupun bimbingan yang lebih lanjut tentang kegiatan hari ini”, kata Dekan FEBI ini.

“MoU yang telah ditandatangani bersama hari ini sebagai bukti bahwa Kami siap dan bersedia bekerja sama dengan Yayasan Ibnu Abbas Muna, dan siap untuk memberikan bimbingan, arahan maupun hal lain yang bisa memberikan manfaat”, tutup Beliau. (Jaf)

CATEGORIES:

Uncategorized

Tags:

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Comments

No comments to show.