Penandatanganan MoU antara Universiti Islam Melaka (UNIMEL) dan Institut Agama Islam Negeri Kendari (IAIN Kendari) membuka babak baru dalam kolaborasi akademik, dengan fokus pada pertukaran mahasiswa dan staf, serta program akademik bersama.


Dalam langkah penting untuk memperkuat kerjasama akademik internasional, Universiti Islam Melaka (UNIMEL) dan Institut Agama Islam Negeri Kendari (IAIN Kendari) secara resmi menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) pada tanggal 6 Maret 2024. Perjanjian ini diprakarsai oleh Dr. Nadiah Binti Ishak, Dekan Fakultas Bisnis, Perhotelan, dan Teknologi dari UNIMEL, dan Dr. Muhammad Hadi, M.Hi, Dekan Ekonomi dan Bisnis Islam dari IAIN Kendari.

MoU ini mencakup rencana untuk pertukaran mahasiswa, dosen, dan staf, serta pengembangan program akademik bersama. Inisiatif ini akan memberikan manfaat bagi kedua institusi dengan meningkatkan kualitas akademik dan memperluas peluang pendidikan. Perjanjian lebih lanjut terkait pelaksanaan program ini, termasuk hak kekayaan intelektual, kerahasiaan, dan hak publikasi, akan disusun setelah kesepakatan awal ini​(LOI (UNIMEL dan IAIN KD…).

Kolaborasi ini menegaskan komitmen kedua universitas untuk menciptakan lingkungan akademik yang dinamis, mendorong inovasi, penelitian, dan berbagi pengetahuan lintas negara.

Kata Kunci: MoU, Universiti Islam Melaka, UNIMEL, Institut Agama Islam Negeri Kendari, IAIN Kendari, kolaborasi akademik, pertukaran mahasiswa, pertukaran dosen, program bersama, kerjasama perguruan tinggi, kolaborasi internasional.

Leave a Comment