Kendari – Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari resmi menjalin kerja sama dengan Samarkand Branch of Tashkent State University of Economics, Uzbekistan. Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) ini diwakili oleh Rektor IAIN Kendari, Prof. Dr. Husain Insawan, M.Ag, dan pihak rektorat Samarkand Branch of Tashkent State University of Economics.

MoU ini merupakan langkah strategis dalam memperkuat hubungan internasional dan meningkatkan kualitas pendidikan di IAIN Kendari. Kerja sama ini diharapkan dapat membuka peluang baru dalam bidang akademik dan penelitian, khususnya bagi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) yang memiliki kesamaan scope ekonomi.

Peran penting Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) serta Kantor Urusan Internasional (KUI) IAIN Kendari sangat vital dalam menjembatani dan mengelola kerja sama ini. LP2M dan KUI telah bekerja keras untuk memastikan bahwa MoU ini tidak hanya menjadi sekedar dokumen, tetapi juga dapat diimplementasikan dengan baik demi kemajuan kedua institusi.

Kolaborasi antara IAIN Kendari dan Samarkand Branch of Tashkent State University of Economics ini akan fokus pada berbagai program, termasuk pertukaran dosen dan mahasiswa, joint research, serta kegiatan akademik lainnya yang dapat mendukung visi internasionalisasi FEBI IAIN Kendari. Kerja sama ini semakin memperkuat visi FEBI menuju internasional.

Dengan adanya MoU ini, diharapkan bahwa sinergi antara kedua institusi dapat menghasilkan inovasi-inovasi yang bermanfaat bagi dunia pendidikan dan ekonomi, serta memberikan kontribusi nyata dalam pengembangan ilmu ekonomi Islam di kancah global.

Leave a Comment