Kendari, 04-05 November 2023 – Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) IAIN Kendari menggelar acara penting untuk merevisi kurikulum Program Studi Manajemen Bisnis Syariah. Kegiatan ini berlangsung selama dua hari, menghadirkan berbagai pemateri berpengalaman untuk memastikan kurikulum yang disusun sesuai dengan kebutuhan dunia kerja dan perkembangan ilmu pengetahuan.

Hari pertama diawali dengan registrasi peserta di Ruang Rapat FEBI. Acara kemudian dibuka oleh Adel dan Harni, disertai dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya. Sambutan diberikan oleh Dekan FEBI, Dr. Muhammad Hadi M.HI, dan Rektor IAIN Kendari, Dr. Husain Insawan M.Ag, yang secara resmi membuka kegiatan. Acara pembukaan ditutup dengan pembacaan doa oleh Salehaman M.E.

Selanjutnya, Abd Wahid Mongkito, M.E.I., selaku Wadek 1, memaparkan landasan kurikulum FEBI IAIN Kendari. Disusul dengan pemaparan kurikulum Program Studi Manajemen Bisnis Syariah oleh Miftahur Rahman Hakim, SEI., ME, yang merupakan Ketua Program Studi tersebut. Para peserta kemudian menikmati coffee break sebelum dilanjutkan dengan sesi utama.

Pada sesi utama, Prof. Dr. H. Samdin, SE., M.Si, Ketua Program Studi Doktor Ilmu Manajemen Pascasarjana UHO Kendari, menjadi narasumber dengan topik “Pembuatan Kurikulum Program Studi Manajemen Bisnis Syariah”. Diskusi berlangsung intensif, dengan Prof. Samdin memberikan pandangan dan masukan berharga.

Hari kedua acara dimulai dengan sesi oleh Yusuf Jaya Saputra, SE., ME., CTA, ACPA, yang membahas pengembangan kurikulum sesuai kebutuhan dunia kerja. Yusuf Jaya Saputra, yang merupakan pemilik Kantor Jasa Penilaian Publik Kusno Raharjo dan Rekan Cabang Kendari serta Kantor Akuntan Publik Yaniswar dan Rekan, memberikan tanggapan kurikulum dari perspektif praktisi.

Setelah ISOMA, acara dilanjutkan dengan sesi tanggapan oleh Yusuf Jaya Saputra mengenai kurikulum Program Studi Manajemen Bisnis Syariah. Diskusi ini memberikan wawasan berharga bagi tim kurikulum. Acara diakhiri dengan sesi revisi dan perbaikan kurikulum oleh Tim Kurikulum Manajemen Bisnis Syariah yang dipimpin oleh Ketua Program Studi.

Kegiatan ini diharapkan dapat menghasilkan kurikulum yang lebih relevan dan aplikatif, sesuai dengan kebutuhan industri dan perkembangan akademis, sehingga mampu mencetak lulusan yang kompeten dan siap bersaing di dunia kerja.

Leave a Comment