Kendari-FEBI, Sebagai salah satu fakultas sosial sains yang mengusung penelitian sebagai basis pengembangan ilmu pengetahuan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari menyadari pentingnya penguasaan alat analisis atau software pengolah data penelitian, baik itu data kualitatif maupun kuantitatif. Berbagai macam software pengolah data itu akan menjadi alat pendukung dalam menyesuaikan metode penelitian untuk menjawab pertanyaan penelitian yang diajukan oleh seorang peneliti.

Menjawab tantangan penguasaaan alat analisis yang mendukung berbagai macam metode penelitian tersebut, FEBI IAIN Kendari menyelenggarakan workshop metode penelitian untuk alat analisis atau software, seperti NVivo, Eviews dan SPSS serta Amos untuk SEM, juga dilengkapi dengan software mendeley untuk manajemen referensi ketika peneliti atau seorang akademiki dalam menyusun karya ilmiahnya.

Penyelenggaraan workshop metode penelitian FEBI IAIN Kendari berbeda dengan pelaksanaan workshop yang jamak dilakukan secara luring dalam sebuah ruangan dengan target peserta tertentu. Pelaksanaan workshop terpaksa harus dilakukan mengikuti mekanisme portokol Covid-19 yang ditetapkan oleh gugus tugas Covid-19 di IAIN Kendari. Mengingat pandemi Covid-19 penyelenggaraan workshop metode penelitian di FEBI IAIN Kendari mengusung mekanisme workshop dalam jaringan atau disebut dengan Workshop Online (Workline).

Dr. Ummi Kalsum, Wakil Dekan 1, Bidang Akademik FEBI IAINKendari mengatakan bahwa pelaksanaan workline merupakan program kerja yang sangat penting bagi sivitas Fakutals Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Kendari, khususnya bagi dosen dan mahasiswa FEBI IAIN Kendari dalam melaksanakan tridarma pendidikan dalam hal pengembangan ilmu pengetahuan melalui penelitian yang berkualitas dengan metode penelitian yang kuat dan alat analisis yang komprehensif. Namun karena penyelenggaraan workline dilaksanakan secara daring maka target peserta yang tadinya hanya diperutukkan bagi mahasiswa dan dosen di IAIN Kendari dapat diperluas menjangkau seluruh Indonesia.

“Workshop metode penelitian adalah kiat fakultas dalam meningkatkan kualitas penelitian di FEBI IAIN Kendari. Harapan kami dengan workshop ini akan meningkatkan output tridarma bagi dosen, dalam hal ini hasil penelitian para dosen dapat menelurkan artikel-artikel ilmiah berkualitas yang mampu menembus jurnal nasional bereputasi bahkan jurnal internasional, sedangkan bagi mahasiswa akan menghasilkan karya ilmiah, dalam hal ini skiripsi yang berkarakter dengan metode yang baik,” Kata Wadek 1 FEBI IAIN Kendari.

Workshop Online (Workline) FEBI IAIN Kendari dibagi dalam dua jenis Workline, yakni workline untuk metode penelitian kualitatif yang diwakili dengan alat analisis menggunakan software NVivo, sedangkan metode penelitian kuantitatif diwakili oleh alat analisis software Eviews untuk data sekunder dan Amos serta SPSS untuk structural equation modeling (SEM) dalam mengolah data primer. Workshop Online dilengkapi dengan software Mendely untuk manajemen pengelolaan referensi dalam menyusul karya ilmiah seorang peneliti.

Workshop online FEBI IAIN Kendari dibuka dengan pengenalan dan pemahaman software mendeley yang dibawakan oleh pemateri internal FEBI IAIN Kendari pada hari Sabtu, 3 Oktober 2020. Workline seri kedua dilaksanakan pada 22 Oktober 2020 untuk software NVivo menghadirkan pemateri yang berpengalaman dibidangnya Ainur Rofiq, MM.,PhD dosen senior Universitas Brawijaya. Workline seri ketiga mengangkat tema structural equation modeling (SEM) menggunakan software AMos dan SPSS, materi SEM dibawakan oleh dua pemateri sekaligus, Prof. Dr. Dedy Takdir Syaifuddin, SE., M.Si dan Dr Suman ANselah, SE., M.Si. Sedangkan Workline sesi terakhir dengan software Eviews akan dilaksanakan pada hari Senin, 16 November 2020. Pendaftaran workline Eviews dapat diakses pada link berikut https://bit.ly/worklineEVIES. (Alw)


Leave a Comment