Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Kendari menyelenggarakan Workshop Online (Workline) Structural Equation Modeling (SEM) dengan SPSS Amos 25 pada hari Rabu, 11 November 2020 melalui media Virtual Zoom. Pemateri dalam Workline ini adalah Prof. Dr. Dedy Takdir Syaifuddin, SE, M.Si yang merupakan guru besar dan pengajar di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Haluoleo dan Dr. Suman Anselah, SE, M.Si yang merupakan Pengembang Mutu Akademik – Bidang Pendidikan yang juga menjadi pengajar di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Workline ini dimulai pukul 9 dengan dibuka oleh Dr. Rusdin Muhalling, M.EI selaku Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Kendari.


Pemateri untuk sesi pertama adalah Prof. Dr. Dedy Takdir Syaifuddin,. Beliau menjelaskan tentang dasar-dasar analisis kuantitatif mulai dari Definisi, pendekatan-pendekatan analisis kuantitatif, data dan skala ukur, analisis regresi dan korelasi berganda, analisis faktoor dan analisis Structural Equation Modeling. Dalam pemaparannya, penggunaan SEM saat ini sangat berkembang. Hal ini dikarenakan SEM mampu menguji model penelitian yang kompleks secara simultan, dan mampu menganalisis variabel yang tidak dapat diukur langsung, sekaligus memperhitungkan kesalahan pengukurannya.
Sedangkan pemateri kedua Dr. Suman Anselah lebih lanjut mengenalkan mengenai SEM seperti bagaimana teknik pengolahannya, apa saja isu-isunya, dan bagaimana memilih teknik pengolahan yang tepat.

Sebelumnya Workline ini telah berlangsung dua kali, yang pertama itu mengelola Referensi menggunakan Mendeley yang materinya di bawakan oleh Alwahidin, M.Sc yang merupakan Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam yang juga pengelola Jurnal Li Falah, dan Workline kedua itu mengolah data penelitian Kualitatif dengan Nvivo yang pematerinya menghadirkan Ainur Rofiq, Ph.D yang merupakan Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya yang juga menduduki Jabatan sebagai Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan FEB Universitas Brawijaya.


Dari kedua workline sebelumnya, peserta workline selalu antusias mengikuti kegiatan ini, ditandai dengan kesan dan pesan yang tertulis di absen mereka dan sesi tanya jawab yang mereka ikuti. Menurut Miswar Rohansyah, Ketua Panitia Kegiatan Workline Software Ekonomi dan bisnis ini bahwa kegiatan ini akan meningkatkan kualitas dosen dan mahasiswa dalam mengelola referensi dan mengolah data sehingga bukan hanya dapat diaplikasikan untuk penelitian ekonomi dan bisnis tetpi juga pada ilmu-ilmu sosial lainnya pada jenjang S1, S2 dan S3. Minggu depan, masih ada satu Workline lagi yaitu Regresi Panel Data Eviews yang akan menghadirkan pemateri Hasan Azhari Zainuddin pendiri Swanstatitstics dan Dewi Santri yang merupakan Dosen Ekonometrika Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Kendari. (Rn)

Leave a Comment